Zat warna yang berfluoresensi seperti fluoresein dapat digabungkan

Coons memperlihatkan bahwa gabungan-gabungan demikian dapat bersatu dengan antigen yang terdapat dalam suitu bagian jaringan dan bahwa antibodi yang terikat itu dapat dilihat dalam mikroskop ultraungu karena berfluoresensi. Dengan cara ini penyebaran obat herbal diabetes basah antigei dalam jaringan dan dalam sel-sel dapat diperlihatkan. Sebalikiya metode ini dapat pula digunakan untuk menemukan antibodi terhadap antigen yang diketahui berada dalam bagian jaringan atau sediaan sel. Ada dga cara umum untuk melaksanakan test ini.

l. Tes langsung

hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Antibodi terhadap substrat jaringan terikat pada zat warna yang berfluoresensi dan dipakaikan langsung pada (Gambar 5.11a). Misalnya,. kita ingin memperlihatkan penyebaran otoantigen lambung dalam jaringan, yang bereaksi dingan otoantibodi ying terdapat dalam serum penderita dengan animia pernisiosa. Kita mengasingkan dahulu IgG dari serum penderita, menggabungkannya dengan fluoresein, dan kemudian mencampurkannya dengan sebagian mukosa lambung manusia pada gelas alas. Bila diperiksa dengan mikroskop ultraungu akan terlihat bahwa sitoplasma sel parietal sangat berfluoresensi.

2. Tes tidak langsung

Antibodi yang ddak bertanda dicampurkan langsung pada substrat jaringan dan diperlihatkan dengan menggunakan serum antiimunoglobulin yang tergabung dengan zat w^rna yang berfluoresensi (Gambar 5.11b). Sebagai lanjutan contoh di atas, tes tidak langsung dapat kita gunakan untuk menentukan apakah serum penderita memiliki antibodi terhadap sel-sel parietal lambung. Mula-mula kita campurkan serum penderita dengan sepotong jaringan lambung, kemudian cuci dengan baik dan tambahkan serum kelinci antiimunoglobulin manusia yang telah digabungkan dengan fluoresein; bila ada antibodi maka akan terlihat fluoresensi sel-sel parietal (Gambar 5.12a).

Teknik ini memiliki beberapa kelebihan. Perrama, fluoresensi lebih terang daripada tes langsung sebab beberapa antiimunoglobulin yang berfluoresensi bergabung dengan tiap molekul antibodi yang terdapat pada lapisan pertama (Gambar 5,11b). Kedua, karena proses penggabungan lama, maka dapat dihemat banyak waktu bila banyak serum harus diperiksa terhadap antibodi, karena pada tes ini hanya satu reagen saja yang diberi tanda, yaitu antiimunoglohtlin. Lagi pula, metode ini memiliki fleksibilitas besar. Misalnya, dengan menggunakan gabungan antiserum dengan rantai panjang imunoglobulin  tersendiri-sendiri, distribusi antibodi di antara pelbagai kelas dan subkelas dapat ditentukan, sekurang-kurangnya secara semi-kuantitatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *