Tips Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

cantik

Tips Untuk Mengatasi Kulit Berminyak – Ada berbagai jenis tekstur kulit manusia. Beberapa orang diberkati untuk memiliki kulit normal yang memiliki kombinasi minyak dan kering seimbang, smentara jenis kulit lainnya adalah kulit berminyak, kering, dan kombinasi. Setiap jenis kulit memiliki fitur khas. Sementara kulit kering tampak kusam dan pecah-pecah dan membutuhkan pelembab ketika cuaca dingin dan kering, kulit berminyak rentan mengalami masalah jerawat.

Di antara semua jenis kulit, mereka yang memiliki kulit berminyak paling menderita selama masa pubertas mereka dan bahkan setelah beberapa tahun kemudian, jenis kulit ini mudah tertempel kotoran karena kandungan minyaknya dan yang mengakibatkan pada pembentukan whitehead, komedo, jerawat dan lain sebagainya.

Penyebab Kulit Berminyak

Kulit berminyak biasanya merupakan hal genetik dari seseorang dimana sel sebum-nya mengeluarkan minyak berlebih untuk melembabkan kulit di atas. Penyebab untuk kulit berminyak ada beberapa:

  1.  Genetika adalah alasan utama seseorang memiliki kulit berminyak. Jika orang tua memiliki kulit berminyak, maka anak-anaknya cenderung untuk memiliki kulit berminyak juga. Kulit berminyak ditandai oleh kelenjar sebaceous yang lebih besar yang terletak di bawah sel-sel kulit dan mengeluarkan minyak berlebih.
  2. Seringkali menggunakan produk perawatan kulit berlebihan, seperti produk pembersih yang keras, pengelupasan kulit dan menggosok dapat menyebabkan kelebihan minyak yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous dan menyebabkan kulit berminyak.
  3. Musim yang bervariasi juga memiliki banyak hubungannya dengan jenis kulit. Jika panas dan kelembaban ada pada tingkat tinggi, maka akan ada kenaikan produksi minyak di kulit untuk melindungi kulit dari panas dan sinar matahari. Sedangkan ketika udara kering di musim dingin, kulit semakin kering dan sekresi minyak diperlukan untuk mengkompensasi kekeringan yang terjadi.
  4. Kulit berminyak bisa juga disebabkan oleh KB atau pil hormonal lainnya. Setiap obat bisa menyebabkan dehidrasi dan itu akan menyebabkan sekresi minyak berlebih untuk mengkompensasi kekeringan yang terjadi.
  5. Stres juga memiliki peran untuk bermain. Hormon androgen menyebabkan produksi minyak lebih banyak ketika tubuh stres dan yang dapat menyebabkan kelebihan minyak pada kulit.

Pengobatan Sederhana Untuk Menyembuhkan Kulit Berminyak

  1. Pembersihan Rutin
    Salah satu cara untuk menjaga kulit berminyak tetap terkontrol adalah dengan melakukan pembersihan secara rutin dan benar. Gunakan mild soap untuk mencuci wajah setidaknya dua sampai tiga kali dalam sehari. Jika anda sehabis beraktifitas di luar rumah, maka wajah dan leher harus dicuci setelah kembali ke rumah. Jika bagin tubuh lainnya memiliki kulit berminyak juga, pembersihan tepat harus dilakukan dengan sabun ringan untuk mandi.
  2. Penggunaan Astringent Dan Toner
    Hal ini diperlukan tidak hanya untuk mencuci wajah seseorang tetapi juga karena harus mengikuti proses tiga langkah ini:
    Salah satu kebutuhan untuk menggunakan zat untuk menghilangkan kotoran pada permukaan kulit, Setelah mencuci wajah dengan sabun wajah ringan (mild) dan wajah dicuci dengan air hangat, Toner harus digunakan untuk menutup pori-pori setelah wajah dikeringkan
  3. Penggunaan Pelembab Berbasis Air
    Mereka yang memiliki kulit berminyak biasanya menghindari menggunakan pelembab karena kulit mereka berminyak. Setelah mencuci wajah dan tubuh, orang bisa menerapkan pelembab berbasis air untuk mempertahankan kadar air dalam tubuh.
  4. Penggunaan Tabir Surya
    Matahari dikenal memberikan pengaruh buruk pada kulit. Matahari membuat kulit kering dan membuat kelenjar sebaceous mengeluarkan minyak berlebih. Oleh sebab itu penting untuk menggunakan tabir surya berbasis air untuk melindungi diri dari matahari. Tabir surya harus dipilih sedemikian rupa sehingga tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan pembentukan jerawat
  5. Perubahan Diet
    Telah terlihat bahwa masalah jerawat banyak tergantung pada diet yang seseorang lakukan. Jika seseorang memiliki kulit berminyak, kita harus menghindari hal-hal berikut:
    a. makanan gorengan dan makanan berlemak yang menyebabkan sekresi minyak berlebih pada kulit
    b. makanan berkalori tinggi atau makanan manis, karena juga dapat meningkatkan kemungkinan kelebihan minyak dan pembentukan jerawat.
  6. Asupan Buah Dan Sayuran Segar
    Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi diet seimbang yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran segar
    Makanan yang dimasak sebentar dan bergizi akan menjaga kulit terlihat sehat.
  7. Asupan Cairan
    Kulit mengalami jerawat karena pori-pori tersumbat yang ditutupi dengan kotoran dan debu. Jika sirkulasi darah meningkat maka proses detoksifikasi menunjukkan hasil pada wajah seseorang. Hal ini bermanfaat untuk minum banyak air untuk flush racun. Cairan seperti jus buah segar dan lain-lain membantu untuk menjaga kulit terhidrasi.
  8. Hindari Minuman Berkafein
    Asupan minuman berkafein seperti teh dan kopi perlu dikurangi. Minuman ini memanaskan sistem dan menyebabkan kelebihan minyak akan disekresikan.

Demikian sedikit tips tentang cara alami merawat dan mengatasi kulit berminyak, untuk cara lain bisa menggunakan pure collagen, info harga pure collagen asli bisa cek disini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *