Tips Membuat Kandang DOC (Day Old Chickens)

Tips Membuat Kandang DOC (Day Old Chickens)

Pengertian DOC adalah anak ayam umur 1 hari sampai dengan 2 minggu. Kandang untuk DOC berupa kandang kotak (boks). Biasanya digunakan untuk memelihara anak ayam sampai berumur 1 bulan. Konstruksi kandang dapat berbentuk segi empat atau bujur sangkar dengan ukuran tertentu yang disesuaikan dengan jumlah anak ayam yang dipelihara. Sebagai pedoman kepadatan kandang, untuk anak ayam berumur 1-6 hari perbandingan luasnya adalah 50-60 ekor/m2, untuk ayam berumur 7- 12 hari perbandingan luasnya sekitar 40 ekor/m2, dan untuk ayam yang berumur 12-30 hari perbandingan luas kandang cukup menampung 20 ekor/m2.

Kandang boks dapat dibuat bertingkat dan di bawahnya diletakkan rempat menampung kotoran. Bila ditempatkan di luar atau halaman, kandang ini harus dilengkapi dengan atap. Dinding kandang dapat dibuat dari bilah-bilah bambu yang mempunyai celah-celah. Tinggi kandang boks dari lantai sekitar 25-30 cm.

Setelah kita memiliki kandang untuk DOC kita juga harus memikirkan kenyamannan anak ayam atau biasa di sebut dengan DOC berikut ini syarat untuk membuat kandang DOC adalah sebagai berikut :

  • Buatlah kandang yang mudah untuk pengoprasiannya nantinya akan memudahkan kita untuk perawatan¬† anak ayam atau DOC jangan membuat kandang anak ayam terlalu rapat karna nantinya kita akan kereppotan sendiri untuk mengambil ayam tersebut selain ayam nantinya akan kerepotan untuk memasukkan pakan ke dalam kandang.
  • Alas kandang juga perlu di perhatikan usahakan membuat alas kandang dengan datar jangan terlalu miring, jangan membuat alas kandang dengan lubang yang terlalu besar soalnya kaki ayam yang masih kecil dapat terperosok ke dalam lubang dan itu dapat menyebabkan kaki ayam menjadi pekor.
  • Tempat pakan, yang kita buat harus kita sesuaikan dengan keadaan kandang biasanya untuk ukuran pakan ¬†perbandingannya adalah 2:1 tempat pakan harus lebih besar melebihi dengan kapasitas ayam.
  • Pemana, pemanas merupakan hal yang paling vital atau yang paling penting untuk anak ayam karena akan memanaskan atau menghangatkan anak ayam yang baru menetas karena tidak ada induk untuk mengahangatkan anak ayam maka kita menggunakan pemanas buatan biasanya terbuat dari bola lampu.

Itulah tadi beberapa syarat untuk membuat kandang DOC jika ayam sudah mulai dewasa segera pindah dan buatkan kandang yang sesuai dengan kapasitasnya atau anda bisa baca Tips membuat Kandang ayam Berpelataran (Kandang Ren) yang terpenting jangan membuat ayam stres yang mengakibatkan gagal bertelur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *