Tips membuat Kandang ayam Berpelataran (Kandang Ren)

Tips membuat Kandang ayam Berpelataran (Kandang Ren)

Kandang harus mendapat perhatian utama karena menyangkut kelangsungan hidup induk ayam. Selain Cara memelihara anak ayam (DOC) dengan Induk Buatan kandang yang sehat adalah kandang yang mendapat sinar matahari pagi. Karenanya, arah kandang harus menghadap ke timur. Kandang harus dibuat senyaman mungkin, jauh dari kebisingan atau lalu lalang orang. anak ayam harus nyaman bermain dan tidur di dalam kandang tanpa terganggu oleh binatang atau orang yang berlalu lalang.

Begitu juga dengan kandang ren, harus diletakkan di tempat yang senyaman mungkin, tddak gaduh. Ayam arab dan poncin memiliki sifat yang sedikit liar, sehingga akan berontak dan stres bila terdapat suara gaduh atau didekati oleh orang yang belum dikenalnya. Bila stres, ayam akan mogok untuk bertelur, akibatnya peternak akan mengalami kerugian.

Kandang jenis ini menjadi tempat berlindungnya ayam pada malam hari dan menjadi tempat bermainnya ayam pada siang hari. Dalam kandang seperti ini, ayam dipelihara semi intensif. Ayam dipelihara secara terbatas,

dikurung di dalam pagar yang cukup tinggi dan rapat. Di tempat ini ayam bebas bermain di pekarangan, sekeliling rumah, atau pelataran yang sengaja dibuat sebagai tempat berkeliarannya ayam.

Kandang yang disebut juga kandang ren ini dibuat untuk ayam muda, ayam dara, atau ayam induk penghasil telur tetas. Kandang ren yang ditujukan untuk perkawinan dibuat seluas 3 m. Kandang seluas ini mampu memuat 6 ekor ayam dewasa, yang terdiri dari 5 ekor betina dan 1 ekor jantan. Kandang ren yang dibuat untuk pembesaran pulet (ayam muda menjelang bertelur) luasnya sekitar 5 m dan bisa memuat 8—10 ekor pulet. Kandang ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berfungsi sebagai kandang tempat ayam berteduh, udur, dan bertelur. Bagian kedua yang berbentuk pelataran berfungsi sebagai tempat ayam bermain.

Pada bagian kandang yang atapnya tertutup, lantainya harus dibuat lebih tinggi supaya air hujan tidak masuk kandang. Agar tidak lembap, kandang dilapisi litter berupa campuran pasir, kapur, jerami kering atau sekam (kulit gabah). Setiap 3m lantai kandang, komposisi campurannya: 1 ember pasir, 2 gelas kapur, dan 1 karung sekam. Dengan lantai beralas litter ini kandang tidak perlu dibersihkan setiap hari. Cukup dijaga kelembapannya. litter merupakan tempat berkembangbiaknya berbagai ulat dan cacing yang berguna sebagai makanan ayam. Secara alamiah, ayam akan mengais-ngais litter dan memakan isinya.

Kandang dibangun menghadap timur, sehingga mendapat cahaya matahari pagi yang cukup. Jika keadaan memaksa, sehingga tidak bisa menghadap ke timur, harus diusahakan supaya cahaya matahari masuk, sehingga kandang tidak lembap. Ventilasi kandang pun harus baik, sehingga pergantian udara berlangsung sempurna.

Atap kandang bisa menggunakan genteng, seng, atau asbes, yang penting tidak bocor. Atap harus dibuat miring supaya air hujan dapat jatuh dengan lancar, tidak menetes ke dalam kandang. Jenis atap yang paling baik adalah genteng karena dapat menyerap panas. Namun, jika terpaksa menggunakan seng, sebaiknya dilapisi dengan paranet hitam atau gabus (foam) yang dipasang di bawah seng untuk menangkal panas.

Dinding kandang bisa dibuat dari papan, kayu, bambu, atau kawat ram. Sepertiga dari luas kandang disediakan untuk jendela dan pintu. Kandang juga harus memiliki pintu keluar masuk ayam. Jika ventilasinya cukup, kandang tidak akan lembap ataupun pengap. Di dalam ruangan kandang dibuatkan kayu tenggeran berdiameter 4 cm untuk tempat tidur ayam. Ketinggian tenggeran ini adalah 40 cm dari permukaan tanah. Di dalam kandang juga diletakkan sarang berbahan jerami padi atau daun pisang kering dengan ketinggian 60 cm dari permukaan tanah. Ukuran sarang 35 x 35 x 35 cm.

Untuk peternakan di iklim tropis, pagar umbaran bisa dibuat dari bahan kawat ram berdiameter 4-5 cm setinggi 2,5 m. Di umbaran disediakan tempat makan, minum, bak pasir untuk berkirap (kipu), tangkringan bambu,

serta tanaman peneduh. Kandang tempat tidur dan bertelur dibuat dari bambu atau papan yang diberi sela supaya ada ventilasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>