Radio-terapi dan Khemoterapi mampu membunuh sel-sel kanker yang masih muda

Radio-terapi akan dimulai setelah Iuka sayatan menampakkan gejala akan sembuh. Dengan demikian bahaya dan rasa khawatir terbukanya kembali luka jauh lebih kurang.

cwilik

TERAPI – RADIASI : sangat berguna, baik pada kanker payudara dengan stadium lanjut atau yang sudah mengadakan metastase ke tulang. Dalam hal ini, tujuan utama dari irradiasi itu untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk itu ia sangat efektif. sekaligus diharapkan tulang-tulang akan menjadi utuh kembali sebab metastasis kanker ke tulang menyebabkan tulang menjadi rusak dan mudah patah. Bila metastasis terjadi pada salah satu ruas tulang punggung, dapat menyebabkan kelumpuhan pada kedua kaki. cleh karena itu perawatan dengan irradiasi sungguh sangat tinggi artinya dalam usaha untuk mencegah terjadinya penyebaran sel kanker.

KORTIKOSTEROID-TERAPI : untuk metastase terutama pada v iscera.

TAMBAHAN TERAPI : seperti khemoterapi, hormon terapi, dan radio terapi masing-masing memiliki sifat yang baik maupun yang buruk, tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Selain itu masih juga dikenal :

TERAP1 KOMPUKASI : UNTUK :

a. patah tulang

b. oedema lengan (bengkak pada lengan-lengan).

c. gerakan lengan terbatas atau kaku.

d. efusi pleura.

e. hyperkalsemia.

MAKAN PADA KHEMOTERAPI

Untuk tetap mempertahankan kondisi baik pada tubuh selama menjalani perawatan dengan khemoterapi, yang paling penting adalah dengan memanfaatkan jenis makanan dan minumanyang menyehatkan. Ada kalanya kita harus berhadapan dengan beberapa keluhan sebagai akibat samping dari khemoterapi, yang telah kita bahas terlebih dahulu, yang dapat berupa rasa mual, muntah-muntah dan/atau nafsu makan yang berkurang. Untuk mengatasi keluhan itu, perhatian khusus akan kita sampaikan berikut ini.

MEMILIH MAKANAN:

Memilih jenis makanan yang rnenyehatkan merupakan tindakan yang teramat penting bagi setiap orang. Itu berarti memungkinkan tubuh memperoleh zat-zat penting yang sangat ia butuhkan, yang antara lain terdiri dari zat-zat pembangun tubuh (yaitu zat putih telur), zat-zat pembakaran (berasal dari lemak dan karbohidrat a.l. beras atau sejenisnya), zat-zat pelindung (terdiri atas berbagai jenis vitamin dan mineral) dan juga cairan. bagaimanakah kita ketahui, apakah kita benar-benar telah memanfaatkan jenis makanan yang menyehatkan tubuh kita . . . dan apakah yang kita telan telah terdiri dari zatzat makanan sesuai kebutuhan tubuh?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *