Perusakan Luas dari Merokok

Penelitian aktual menunjukkan bahwa maialah yang sebagian besar tergantung pada iklan rokok lebih sedikit kemungkinan memuat artikel yang membahas bahaya merokok. Ini terutama mencolok pada majalah wanita. Ada risiko lain merokok selain hal-hal yang mempengaruhi kesehatan perokok. Kita juga akan mempelajari permasalahan itu di bab ini.

Masing-masing bisa memainkan peran dalam membantu seorang perokok melihat dengan lebih jelas aspek negatif kebiasaan merokok. Ini akan membantu tiap perokok lebih maju dalam proses berhenti demi kebaikan. Beberapa dari risiko lain ini termasuk kerusakan yang diakibatkan asap tetangga, akibat merokok-bukan hanya pada individu-tetapi juga pada keluarga dan pegawainya, dan teladan pribadi si perokok serta efeknya pada generasi Amerika berikutnya.

Sebagai seorang dokter, saya mendapati diri dalam peran penting perihal tembakau. Saya telah melihat begitu banyak orang menderit, drn mati sebelum waktunya akibat langsung dari merokok. Akibatnya, saya merasa beban berat melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan untuk membantu para perokok menghilangkan kebiasaan mematikan ini dalam hidupnya.

 

Sedikit hal yang mengukur bahaya merokok lebih baik daripada pengetahuan terhadap berapa banyak kematian yang disebabkannya. Berbagai perkiraan mortalitas merokok telah dibuat oleh para ahli epidemiologi.

Para ahli epidemiologi mempelajari sekelompok orang dan penyakit mereka; mereka menarik kesimpulan dengan menggunakan metode statistik canggih terha_ dap berapa banyak peran serta berbagai faktor dalam penyakit dan kematian.

Salah satu penelitian epidemiologi yang dipublikasikan lebih luas ditulis bersama olah mantan Direktur Cen_ ter for Disease Control, Dr. William Foege. Ia dan koleganya,Dr.J. Michael McGinnis, membandingkan kematian karena merokok dengan mereka yang berasal dari tujuh penyebab 1ain, seperti diilustrasikan dalam Gambar 2.7

Perhatikan bahwa lebih dari 450.000 kematian per tahun disebabkan merokok. Setelah penelitian mengindikasikan bahwa di Ameri ka Serikat saja, merokok berperan dalam setiap satu dari lima kematian, dan total sebanyak lima juta tahun-tahun kehidupan potensial hilang tiap tahunnya.8Jelas, rembakau adalah faktor gaya hidup tunggal utama yang membunuh banyak orang. Tetapi jauh lebih banyak perhatian umum diarahkan pada penyebab kematian lain, seperti obat-obaran dan AIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *