menghilangnya lordosis lumbal merupakan tanda yang penting bagi hernia nukleus pulsosus

Tetapi keadaan itu bisa juga’ terdapat pada orang2 yang lumpuh sejak masa anak2 akibat poliomielitis, atau yang tungkainya pendek sebelah akibat trauma dan yang telah mengalami torakoplastik atau pneumektomi atau yang mempunyai deformitas pada pelvisnya. Skoliosis yang sering mempunyai hubungan dengan kelainan organik ialah skoliosis di daerah lumbal dan umumnya disertai oleh lordosis lumbal yang mendatar. Juga pada penderita spondilit;s ankilopoetika seringkali ditemukan pendataran lordosis iumbal.

Anamnesa yang khas pada hernia nukleus pulposus dan adanya iskhialgia adalah data yang mudah didapat untuk membedakan kedua oenyakit itu. Lordosis yang berlebihan lebih sering ditemukan sebagai gejala penyerta pada orang2 yang tendon akhilesnya menjadi pendek. pada penderita distrofia muskulorum progresiva dan koksitis, pada orang yang mempunyai kelainan bentuk pelvis dan secara fisiologik pada orang hamil atau orang yang mempunyai perut buncit. lnspeksi daerah lumbalis harus dilakukan juga pada anak2 yang masih belum dapat berjalan walaupun umurnya sudah lebih dari satu tahun, atau pada anak] yang besar yang masih “ngompol” saja. Oleh karena hal2 itu bisa disebabkan oieh kelainan bawaan pada medula spinalis, misalnya spina bifida, yang menunjukkan tanda2 khas pada kulit daerah tulang belakang lumbalis.

Maka inspeksi daerah tersebrrt perlu dilakukan. Pada spina bifida okulta arkus vertebra tidak terbentuk sehingga kanalis vertebralis pada keadaan tersebut tetap.terbuka. Walaupun demikian selaput medula spinalis tidak menonjol dan kulit menutupi defek itu, sehingga dari luar tidak tampak suatu kelainan pada tulang belakang. Tetapi dengan inspeksi secara teliti dapat ditemukan tanda2 pada kulit yang menunjukkan adanya suatu defek di bawahnya, yaitu sekelompok rambut, suatu penonjolan ringan yang lunak seperti nevolipoma atau suatu cekungan (“dimple”) kulit di garis tengah. Spina bifida sistika adalah spina bifida yang menunjukkan suatu tumor pada daerah tulang belakang lumbalis.

Penonjolan itu merupakan selaput medula spinalis yang terisi oleh likuor serebrospinalis (meningosele). Penonjolan itu ditutupi oleh kulit yang sehat dan tidak menunjukkan tanda2 yang menyertai spina bifida okulta. Suatu tumor pada bayi yang menyerupai spina bifida kistika adalah kista dermoid atau teratoma sakrokoksigis. Tumor ini terletak di daerah sakrum, bahkan di bagian bawah sakrum. Oleh karena itu segera temukan obat diabetes yang ampuh apa yang menjadi rekomendasi ribuan dokter senior, silahkan cek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *