Kondisi terakhir bisa terjadi dalam keadaan sangat menyakitkan, dan kerap memerlukan pengobatan anti sakit yang terus-menerus

Tanpa kecuali, seorang individu dengan pankreatitis harus di rawat inap. Tidak jarang untuk perawatan seperti itu berakhir selama beberapa minggu, dengan sebagian dari waktu itu beradadi ruang perawatan intensif. Jika kebiasaan minum berlanjut, orang itu bisa berkembang dariserangan akut pankreatitis menjadi pankreatitis kronis. Individu itu bahkan bisa mengembangkan diabetesjika proses yang diakibatkan alkohol ini merusak begitu banyak pankreas sehingga ia ti- dak mampu mengeluarkan insulin yang memadai.

Alkohol juga bisa menyebabkan peradangan lambung yang disebut gastritis. Kondisi ini bisa ladi begitu parah sehingga individu mengalami perdarahan lambung. Bahkan pencernaan alkohol dalam jumlah sedang bisa menjadi faktor yang mengganggu keseimbangan mengarahpada gastritis pada seorang yang rentan. Alkohol merupakan salah satu substansi yang paling merusak pada lapisan selaput lendir lambung.

3.Lapisan ini memberikan perlindungan vital pada lambung dari lingkungan asamnya sendiri.21 Kalau gastritis itu peradangan pada lapisan lambung, borok merupakan luka pada lapisanlambung. Asupan alkohol berat tampaknya meningkatkan risiko kambuhnya borok. Borok raksasa bisa menggerogoti ,auh ke dalam dinding lambung dan mengikis ke dalam arteri, sehingga menyebabkan perdarahan besardan mengancam jiwa.

Bahkan pada peminum ala kadarnya, penggunaan alkohol memperlemah pertahanan lambung, dan meningkatkan risiko baik gastritis maupun borok. Sebagai seorang ahli penyakit dalam yang telah mengabdikan minat pada gastroenterologi dan endoscopigastrointestinal, saya telah melihat kondisiyang disebut akibat alkohol tiap hari, dan terapi beberapa kali dalam sehari. Salah satu instruksi paling umum yang saya harus berikan pada pasien gastroenterologi saya adalah “Jangan ada asupan alkohol1.”

Minuman Alkohol Mempengaruhi Sistem Pencernaan

*Sirosis hati

*Varises esofagus

*Penyakit refluks gastroesofageal

*Hepatitis alkoholik

*Pankreatitis akut

*Pankreatitis kronis

*Gastritis

*Penyakit ulkus peptikum

Minum Sedikit Memperlemah sistem Kekebalan.

Kemampuan tubuh untuk memerangibakteri dan virus berkurang samp ai 67 persen pada para peminum alakadarnya dengan hanya dua gelas minuman

Kerusakan Sistem Kekebalan Karena Alkohol

Suatu badan penelitian riset luas mengatakan bahwa sekalipun lumlah alkohol sedang oleh peminum sosial harus dianggap merusak sistem kekebalan. Dengan perhatian yang semakin berkembang terhadap penyakit infeksi dankanker, efek memperlemah kekebalan dari alkohol adalah yang paling mengkhawatirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *