Kebebasan seseorang dalam kesehatan adalah belenggu seseorang dalam pajak dan premi asuransi

Begitu beban kesehatan di seluruh dunia semakin lama semakin menjadi tanggungan bersama, apakah oleh mereka yang mengikuti asuransi kesehatan atau oleh mereka yang membayar dokter umum dan rumahsakit, biaya-biaya kesamaan medis memerlukan penyembuhan diabetes perhatian baru. Dengan cara yang bagaimanapun juga, mereka yang bertindak untuk melindungi kesehatan mereka sendiri telah mensubsidi mereka yang tidak peduli dengan kesehatan. Mereka yang hidup dengan cara-cara yang berbahaya – tanpa menyebutkan mereka yang mendorong dan mengambil keuntungan dari kebiasaan-kebiasaan tak sehat dari orang banyak – bertanggungjawab atas ketak-seimbangan beban kesehatan masyarakat, dan mereka harus juga turut memikul beban yang adil dalam biaya-biaya pengobatan.

cara-menjaga-kesehatan

Tentu saja, penghapusan sejumlah hal mengancam kesehatan terletak jauh dari jangkauan kekuasaan individu. Hanya perubahan- perubahan tingkah-laku secara kolektif di samping kebijaksanaan -kebijaksanaan umum yang efektif yang bisa menanggulangi polusi udara dan air atau membebaskan tempat-tempat kerja serta rumah-rumah dari zat-zat yang berbahaya. Seorang individu yang sendirian berhenti menggunakan mobilnya tak akan sanggup meniadakan kabut fotokemis; akan tetapi perubahan radikal dalam disain mobil dan juga perubahan dalam kebiasaan orang kota untuk pulang-pergi mungkin bisa. Sama halnya, seorang pekerja pabrik yang menangani bahan-bahan yang bersifat karsinogen tak memiliki pengetahuan ilmiah untuk mengidentifikasi bahayanya dan juga tak memiliki kekuatan politik yang dibutuhkan guna memaksa perusahaan-perusahaan besar menanam modal dalam teknologi yang bersifat melindungi.

Sebagaimana yang dianjurkan baik oleh akal sehat maupun oleh ilmu ekonomi, cara yang terbaik untuk mengatasi bahaya-bahaya dari sekian proses industri modern terhadap kesehatan tak lain dari mencegahnya. Polusi bisa dikurangi,zat-zat yang mematikan bisa diidentifikasi dan dihindarkan, dan penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya bisa dibatasi secara seksama. Namun, soal-soal pokok ini senantiasa tak tercapai atau tidak diusahakan, kita harus mencari jalan bagaimana biaya dari pola-pola produksi yang berbahaya selama ini bisa dibagi secara lebih merata. Pada tingkat minimum, mereka yang memprakarsai atau mengambil keuntungan dari berbagai kegiatan yang berbahaya harus dipaksa untuk turut menanggung beban orang-orang lain yang menderita akibat kegiatan-kegiatan seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *