Cara Yang Benar Memelihara Anak Ayam (DOC) Dengan Induk Buatan

Cara memelihara anak ayam DOC dengan Induk Buatan

Dalam pemeliharaan DOC dengan induk buatan, berbagai hal yang harus diperhatikan adalah menyiapkan kandang sebelum DOC didatangkan atau dipindahkan dari tempat penetasan. Setidaknya, ada kandang boks yang memuat sekitar 100 ekor anak ayam DOC, kandang postal, dan ada juga kandang litter yang  luasnya mencapai 3 meter  dengan ketinggian 40 cm yang dilengkapi lampu pemanas gasolex.

Untuk kandang postal bisa digunakan lampu 40 watt, sedangkan untuk kandang litter digunakan tiga buah lampu 60 watt untuk 500 ekor anak ayam DOC. Pemanas dinyalakan selama 24 jam sebelum anak ayam dimasukkan ke dalam kandang. Berikan juga minum dua jam sebelum anak ayam dimasukkan. Campurkan gula sebanyak 50 gram untuk 1 liter air minum yang ditambah dengan antibiotik dan vitamin. Tiga jam sesudah anak ayam dimasukkan, sebatkan makanan di tempat makan yang berupa tray. Makanan ini sebaiknya diberikan tipis-tipis saja, jangan sampai menumpuk.

Jika tidak ada listrik, panas induk buatan bisa dihasilkan dari lampu minyak tanah yang diselubungi kawat kassa dan diletakkan di tengah kandang. Lampu ini harus menyala terus-menerus selama enam hari. Tepat tidaknya suhu dapat dilihat dari perilaku anak-anak ayam selama di kandang. Jika anak ayam menyebar merata, suhu sudah memadai. Jika anak ayam menjauhi pemanas, suhu terlalu panas. Jika anak ayam berkumpul dekat pemanas, suhu kurang.

Kandang postal yang dibuat berukuran 100 x 100 x 70 cm. Ketinggian dasar kandang dari lantai tanah sekitar 35 cm. Kerangkanya dapat dibuat dari reng atau kaso. Dindingya dari papan, tripleks, atau bambu. Kandang postal ini bisa memuat 70-100 ekor anak ayam berumur 1-7 hari yang dilengkapi dengan lampu pemanas 40 watt. Jika anak ayam sudah berumur 8-12 hari, kepadatannya dikurangi menjadi 40 ekor saja dan lampu penghangatnya diturunkan menjadi 25 watt.

Berikan makanan berupa campuran pakan broiler starter. Setiap ekor membutuhkan makanan sebanyak 5-10 gram sehari semalam. Tambahkan Jaga makanan dan minuman sebelum tandas. Jangan biarkan anak ayam telat makan atau telat minum karena akan mengganggu nafsu makan serta pertumbuhannya.

Memelihara DOC Umur 13 Hari sampai 2 Bulan
Ada beberapa kiat merawat anak ayam berusia 13 hari sampai 2 bulan.

  • Mulai hari ke-13 jumlah anak ayam di setiap kandang postal dikurangi 30-40 ekor.
  • Sampai usia 1 bulan, anak ayam membutuhkan kehangatan lampu 15 watt saja, dan cukup diberikan pada malam hari.
  • Dalam masalah pakan, berikan makanan berupa pakan broiler starter sampai umur 2 bulan. Setiap ekor anak ayam membutuhkan 15-20 gram pakan sehari semalam.
  • Setelah ayam berumur 1 bulan ke atas, berikan makanan berupa adonan starter dicampur dedak dengan perbandingan 1: 2, tetapi jumlahnya meningkat menjadi 40 gram per ekor ayam setiap hari. Makanan ini diberikan pada pukul 07.00 dan pukul 14.00.

Sebenarnya, usaha budidaya ternak ayam sangat menguntungkan. Jika Anda tertarik dalam budidaya ternak ayam atau DOC dan untuk mendapatkan cara atau tips-tips dalam budidaya DOC mulai awal hingga berhasil, Anda bisa mengunjungi website berikut http://www.tetasan.com/. Didalam website tersebut akan dibahas lebih detail tentang penyebab kegagalan serta cara mengatasi kegagalan dalam usaha DOC serta disediakannya alat bantu DOC seperti mesin penetas telur yang berkualitas dengan berbagai tipe dan kapasitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *