Apa Saja Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Diabetes?

Setiap makanan yang tidak sehat, pasti tidak akan diizinkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, kita harus melihat terlebih dahulu parameter makanan tidak sehat bagi penderita diabetes. Bisa saja, suatu makanan adalah masuk kategori sehat untuk kondisi medis lain selain diabetes. Untuk itu, makanan-makanan untuk penderita diabetes adalah khusus.

Hindari makanan tinggi gula

makanan tinggi gulaGula adalah hal yang sangat berhubungan erat dengan diabetes. Kadar gula bisa semakin tinggi jika seorang penderita diabetes mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Kurangnya obat gula darah diabetes dan kemampuan insulin untuk mengangkut gula tersebut ke dalam sel untuk dijadikan energi, akan membuat darah kebanjiran kadar gula.

Hindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori

Salah satu faktor yang paling berpengaruh pada timbulnya diabetes melitus adalah berat badan yang berlebih. Berat badan tersebut dipengaruhi oleh pola makan yang tidak sehat, terutama konsumsi lemak dan konsumsi kalori yang berlebih. Untuk itu, penderita diabetes harus menjauhi makanan-makanan yang mempunyai kandungan lemak dan kalori tinggi.

Hindari makanan yang diberi pengawet dan pewarna buatan

Pernahkah kita berpikir mengapa makanan-makanan kaleng di toko bisa bertahan hingga bertahun-tahun? Jika dipikir secara sepintas, seharusnya makanan tersebut sudah membusuk 1 minggu sejak pembuatannya. Rahasia dari makanan tersebut adalah pengawet. Pengawet makanan adalah racun kimia yang mampu membuat kesehatan tubuh menurun. Selain dalam pengawet, racun itu juga terdapat dalam berbagai pewarna, penyedap dan pemanis buatan bagi makanan. Untuk itu, sebaiknya makanan-makanan ini dihindari.

Hindari karbo dan gula yang sudah diproses

Pada tulisan di atas telah dibahas bahwa karbohidrat dan gula dibutuhkan oleh penderita diabetes. Namun, harus diperhatikan kualitas dari karbohidrat dan gula itu sendiri. Karbohidrat dan gula yang sudah melewati proses akan membutuhkan insulin berlebih untuk mengangkutnya ke dalam sel, sehingga hal tersebut dapat membebani pankreas. Jika proses ini berlangsung lama, maka yang terjadi adalah ketidak mampuan pankreas untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan insulin. Akibatnya, darah mengandung kadar gula darah yang melambung tinggi.

Apa manfaat diet rendah kalori bagi penderita diabetes?

Penderita diabetes mempunyai kemampuan yang terbatas dalam memproses glukosa menjadi energi. Hal ini dikarenakan oleh masalah yang ada pada pankreas atau keseimbangan hormon yang menyebabkan insulin menjadi resisten. Kalori adalah salah satu zat makanan yang mengandung gula. Dengan diet rendah kalori, itu artinya penderita diabetes membatasi dan mengatur asupan gula ke dalam tubuhnya. Tentu saja, hal ini mempunyai manfaat sangat besar dalam rangka pengontrolan gula darah. Pemilihan sumber kalori yang baik juga sangat berpengaruh di samping jumlah kalori itu sendiri.

Karbohidrat untuk penderita diabetes

Tidak bisa dipungkiri, karbohidrat mempunyai peranan penting dalam tingkat stabilitas gula darah seorang penderita diabetes. Tidak jarang karbohidrat menjadi pemicu melambungnya kadar gula dalam darah penderita diabetes. Namun demikian, seseorang tetap membutuhkan karbohidrat sebagai nutrisi pokok tubuh. Pemilihan jenis karbohidrat sangat penting untuk penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *