7 Mitos Dan Fakta Diabetes Melitus

1. Mitos: Bahwa Diabetes Menular

faktanya diabetes tidak dapat menular,diabetes memang disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan, faktor genetik dan faktor gaya hidup. Sedangkan penyakit menular biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus.

2. Mitos: Ketika Kita Menderita Diabetes Keturunan Kita Akan Menderita Penyakit Diabetes Juga

Diabetes memang dapat disebabkan oleh faktor keturunan, tetapi tidak semua keturunan penderita diabetes akan mengalami hal yang sama.

Melainkan keturunan diabetes dapat beresiko lebih tinggi daripada mereka yang tidak mempunyaki keturunan diabetes. Tetapi pada kenyataannya penderita diabetes dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 karen mereka menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

3. Mitos: Penderita Diabetes Harus Konsumsi Obat Seumur Hidup

Penderita diabetes memang diharuskan mengkonsumsi obat yang sudah disarankan oleh dokter. Tetapi obat diabetes diperlukam jika kadar gula darah belum terkendali baik walaupun penderita diabetes sudah mengatur pola makan dan aktivitas fisik mereka.

4. Mitos: Penderita Diabetes Tidak Boleh Konsumsi Makanan Manis

Penderita diabetes boleh mengkomsumsi makanan manis asalkan tetap membatasi makanan yang mengandung gula tersebut. Tidak mengkonsumsi makanan manis membuat kadar gula juga terlalu rendah (hipoglikemia) biasanya ketika terjadi hipoglikemia penderita merasakan pusing , lelah, keringat dingin bahkan ada yang tidak sadarkan diri.

5. Mitos: Mengkonsumsi Nasi Yang Dimasak Kemarin

Faktanya tidak ada perubahan terhadap nasi yang dimasak kemarin atau baru. Sebaiknya Anda memilih mengganti nasi putih dengan nasi merah karena indeks glikemik pada nasi merah lebih rendah daripada nasi putih. Jika Indeks glikemik pada suatu makanan termasuk tinggi ini dapat melonjakan kadar gula darah.

6. Mitos: Mengganti Nasi Putih Dengan Kentang

Kentang dengan nasi putih memiliki kandungan karbohidrat yang sama-sama tinggi. Jika Anda ingin konsumsi yang mengandung indeks glikemik yang rendah bisa menggunakan, nasi merah, gandum, dan nasi hitam.

7. Mitos: Diabetes Tidak Boleh Makan Enak

Untuk menjaga kadar gula tetap stabil diabetes diharuskan menjaga pola makan mereka. Bukan berarti mereka tidak boleh konsumsi makanan enak. Sebaiknya porsi makanan bisa dikurangi atau perhatikan pula proses pengolahannya misalnya dikukus, rebus, dan tumis.

Yang paling penting Anda sebaai penderita diabetes melitus, wajib mengetahui obat tradisional untuk penyakit diabetes paling efektif yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *